Jumat, 18 Maret 2011

Panti Asuhan St. Maria "PASANG SURUT"

Riwayat Panti Asuhan Santa Maria Pasang Surut
Pada Tahun 1983 bulan Januari, Pastor P. Abdi mendapat tugas dari pimpinan Gereja untuk membina spiritual keagamaan umat Katolik di daerah Pemukiman Transmigrasi Pasang Surut yang meliputi daerah Telang I dan II MUBA, daerah Upang MUBA, daerah Air Saleh I dan II MUBA, daerah Air Sugihan MUBA dan daerah Air Sugihan OKI.



Daerah pemukiman ini memang lebih sulit daripada daerah kering. Oleh karena itu para transmigran harus menghadapi tantangan lebih besar dengan keadaan fisik dan mental yang belum disiapkan sungguh-sungguh. Akibat perjuangan yang kurang seimbang ini, banyaklah transmigran yang meninggalkan tempat pemukiman dan relatif banyak pula yang gugur, meninggalkan isteri dan anak-anak yang masih kecil-kecil. Para janda miskin ini harus melanjutkan perjuangan suami mereka, ada yang dapat bertahan, ada pula yang gugur. Anak-anak menjadi yatim piatu diasuh oleh tetangga. Melihat keadaan semacam ini, Pastor Abdi tergerak hatinya untuk menampung anak-anak yatim piatu ini untuk sekedar meringankan beban mereka yang harus menanggungnya.
Maka dibangunlah rumah penampungan di desa Purwodadi Jalur 20 Air Sugihan MUBA, dan mulailah menawarkan fasilitas itu kepada mereka yang sungguh memerlukan. Seorang demi seorang datanglah orangtua (ibu) atau sanak keluarga anak-anak terlantar itu menitipkan anak-anak kepada Panti Asuhan. Panti Asuhan tersebut kemudian diberi nama “Santa Maria”.
Panti asuhan ini sebenarnya sudah mulai berfungsi benar-benar pada bulan Maret 1986. Kapasitas Panti Asuhan pada waktu itu 50 anak. Pada prinsipnya, Panti Asuhan hanya menerima anak-anak berumur SD. Tetapi pada saat ini terpaksa manampung beberapa anak umur SMP bahkan seorang sudah SMA. Namun untuk selanjutnya hanya terima anak-anak umur SD saja.
Karena Panti Asuhan berdiri tanpa persiapan maupun rencana, maka tidak mengherankan jika keadaannya masih sangat menyedihkan dalam hal fasilitas.

PANTI ASUHAN SANTA MARIA
Wahana pendidikan nilai untuk membentuk pribadi anak,
menuju pribadi yang susila, dewasa, mandiri dan bertanggung jawab

V I S I
Menanggapi Sabda Tuhan “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku,
jangan menghalang-halangi mereka sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah” (Mrk 10:14)
 
M I S I
Menghadirkan Kerajaan Allah dalam hidup anak­ anak sehingga terbentuk pribadi anak yang susila, dewasa, mandiri dan bertanggung jawab
 
STRATEGI
Melalui penanaman nilai-nilai Religiositas, Persaudaraan,
Rendah Hati, Kejujuran, Kerja sama, dan Rasa Syukur
bersifat kontinyu, konsisten serta berkesinambungan


Keadaan Panti Asuhan Sekarang (2004 - 2008)
Pastor Amatus Sukadi SCJ sekarang ketua Pengurus Pusat Panti Asuhan Santa Maria Jalur 20, Purwodadi, Air Sugihan, Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan mengabarkan bahwa keadaan keluarga Panti Asuhan saat ini baik, untuk kelangsungan kehidupan Panti Asuhan selama ini dibantu para dermawan dan donatur guna mencukupi kebutuhan anak-anak panti.
Kebutuhan itu meliputi :
Biaya Rutin :
Akomodasi, Gaji pendamping, Sekolah, Transportasi, Sarana Prasarana.
Biaya Non Rutin
: Perbaikan bangunan.

 

kebutuhan panti disini perbulan, 20 sampai 25 juta rupiah, setelah diperhitungkan rata-rata pengeluaran masing-masing anak berkisar:
  • 125 ribu untuk SD.
  • 150 ribu untuk SMTP.
  • 400 ribu untuk SMTA.
Jumlah Anak di Panti Asuhan ini adalah 85 anak

Adapun Fasiltas Bangunan di Panti Asuhan

Luas Bangunan utama Panti 402 m2
3 Bangsal / Kamar Tidur anak laki-laki
4 Bangsal / Kamar Tidur anak perempuan
3 ruang Belajar
1  buah ruang makan 
13 kamar mandi
1  ruang Doa
1  ruang Rekreasi
1  Dapur
1  Penampungan Air hujan


kelangsungan hidup karya kami disini butuh uluran tangan anda para donatur dan para dermawan dan kami serahkan sepenuhnya kepada Anda  untuk menentukan apa dan berapa yang akan disumbangkan kepada kami. Berapapun sumbangan yang dapat kami terima, akan sangat berarti bagi kami. Kasih Anda membuka masa depan anak-anak.



 Informasi

E-mail: pantiparut@telkom.net
 
Sumbangan mohon dialamatkan ke :
Pastor Amatus Sukadi SCJ atau Pastor Andreas Madya Srijanto SCJ

Propinsialat SCJ
Jl. Karya Baru 552 Km.7 Palembang 30152  Telp.0711-410835  Fax. 0711-417533

Tahapan BCA KCU Palembang Jl. Kapten A. Rivai
ACC No. 0212662788  a.n Amatus Sukadi  atau Andreas Madya Srijanto

Sumber dari : Web SCJ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar