Jumat, 19 November 2010

SEMINARI TINGGI "YOHANES PAULUS II"

Seminari Tinggi Yohanes Paulus II (STYP II) adalah lembaga pendidikan calon imam/frater tingkat lanjutan (setelah jenjang pendidikan di seminari menengah) yang diperuntukkan bagi para calon imam diosesan Kuskupan Agung Jakarta.


Dalam STYP II, para frater berasal dari beragam latar belakang. Ada yang berasal dari Seminari Menengah St. Petrus Canisius Mertoyudan, Seminari Menengah Wacana Bhakti, Jakarta, Seminari Menengah Stella Maris, Bogor, dan ada pula yang tidak berasal dari seminari menengah, yakni mereka yang telah kuliah regular pada umumnya ataupun telah bekerja. Selain itu, tak semua frater berasal dari Jakarta.

Tahun 2008, di STYP II terdapat 37 frater dari berbagai tingkat, dari Tahun Orientasi Rohani sampai dengan para Diakon. Jumlah ini tidak begitu besar, bahkan bisa dikatakan sedikit dan tak sebanding dengan banyaknya umat Katolik di Jakarta. Oleh karena itu, harapan yang kemudian dimunculkan adalah bahwa semakin banyak orang yang tergerak untuk berpartisipasi dalam menjajaki panggilan hidup imamat bersama dengan para imam diosesan KAJ.

Tahapan Pendidikan:
Tahun Orientasi Rohani (TOR), di Wisma Puruhita
Adalah tahap pertama dalam pendidikan calon imam KAJ, yang meletakkan dasar rohani dan jati diri calon imam praja. Maka, doa dan refleksi menjadi menu utama selama satu tahun, selain kuliah-kuliah pendukung formasi seperti spritualitas imam diosesan, sejarah keuskupan, psikologi kepribadian, dan bina homilitika.

Studi Filsafat, di Wisma Cempaka
Wisma Cempaka adalah tempat bagi calon imam KAJ yang belajar filsafat-teologi di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta. Wisma Cempaka terdiri dari Wisma Cempaka Timur dan Wisma Cempaka Raya. Selama empat tahun ini mereka belajar filsafat dan berlatih melihat segala sesuatu secara kritis dan analitis.

Tahun Orientasi Pastoral (TOP)
Adalah tahap penerapan beragam ilmu yang sudah dipelajari pada tahap-tahap sebelumnya dalam tugas berpastoral selama satu sampai dua tahun di paroki, seminari menengah, rumah retret, bidang kategorial, atau berpastoral di luar Jakarta sebagai seorang menjadi misionaris domestik.

Studi Teologi
Adalah tahap studi teologi selama tiga tahun di Fakultas Teologi Wedhabhakti, Yogyakarta. Calon imam KAJ bersama calon imam dari berbagai keuskupan tinggal di Seminari Tinggi St Paulus Kentungan, Yogyakarta. Studi teologi ini dapat juga ditempuh di STF Driyarkara atau di Universitas Urbaniana, Roma, Italia.

Staf dan Pembimbing
P. Simon Petrus Lili Tjahjadi Pr (Rektor Seminari Tinggi)
P. Petrus Kanisius Tunjung Kusuma Pr (Pastor Unit Wisma Cempaka Timur)
P. Bernardus Hardijantan Dermawan Pr (Pastor Unit Wisma Cempaka Raya)
P. Albertus Sadhyoko Rahardjo, SJ (Direktur TOR)
P. Yohanes Purbo Tamtomo Pr (Staf Seminari Tinggi)
P. Gerrardus Koelman, SJ (Staf Seminari Tinggi)
P. Benediktus Ari Darmawan Pr (Staf Seminari Tinggi)

Alamat
Wisma Puruhita

Jl. K.H. Maisin No. 84, Klender, Jakarta 13470
Telp. (021) 86601331, (021) 86601333
Fax. (021) 86601332
E-mail: This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

Wisma Cempaka Timur
Jl. Cempaka Putih Timur XXV No. 1-2, Rt 002/02, Jakarta 10510
Telp.  (021) 4203374, (021) 4207480
Fax.  (021) 4264484
E-mail: This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

Wisma Cempaka Raya
Jl. Cempaka Putih Raya No. B.32, Jakarta 10520
Telp.: (021) 42877069
E-mail:

Sumber : Web Uskup Agung Jakarta
http://kaj.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar